PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA

Nama            : Novia Rizky lahinta
NPM             : 55412402
Kelas            : 4IA05
Mata Kuliah : Pengantar Bisnis Informatika

Pengertian Bisnis
·         Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.
·         Bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat kita
·         Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari-hari
·         Menurut Brown dan Petrello (1976), (Business is an institution which produces goods and service demanded by people) Bisnis adalah sebuah lembaga yang menghasilkan jasa dan barang yang sedang diperlukan oleh masyarakat. Namun apabila kebutuhan masyarakat meningkat, maka dari lembaga bisnis akan meningkatkan produksinya untuk memenuhi semua kebutuhan masyarakat, sambil mendapatkan keuntungan.

Pengertian Informatika
Informatika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Secara umum informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi. 
Pengertian Bisnis Informatika
Dari pejabaran pengertian masing masing dari bisnis & teknologi informatika dapat kita simpulkan pengertian dari Bisnis Informatika adalah adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi yang berkaitan dengan teknologi informasi baik teknologi komputer maupun teknologi telekomunikasi.
Yang mencakup bisnis informatika adalah semua kegiatan yang melakukan transaksi jual-beli yang berkaitan dengan teknologi informasi. Contoh, sekarang sudah banyak masyarakat yang melakukan transaksi jual-beli secara online. Sehingga kita tidak perlu repot-repot untuk jalan ke mall, ataupun toko-toko untuk mencari barang yang kita inginkan. Cukup dengan modal laptop atau PC dan internet, kita bisa mencari semua barang yang diinginkan.

Peranan Teknlogi Informasi di bidang Bisnis
Di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa komputer peranan teknologi informasi akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidental dan menyediakan banyak informasi dengan cepat dan tepat.
·         Sistem Informasi Manajemen
Sistem informasi manajemen (Management Information System – MIS), merupakan sistem informasi yang sudah banyak diterapkan pada perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan barang dan jasa baik pada perusahaan besar, menengah, atau perusahaan kecil. SIM dapat diterapkan pada semua tingkat atau level manajemen yang ada yaitu manajemen tingkat atas (top management), manajemen tingkat menengah (middle management), dan manajemen tingkat bawah (lower management).
·         Di perusahaan dagang
Seperti department store, telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kendali komputer sehingga mesin tersebut dapat dikendalikan oleh pihak manajer hanya dari ruang kerjanya secara cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan, menghitung laba rugi, inventaris, dan sebagainya.
·         Di bidang perbankan
Salah satu solusi sistem informasi perbankan telah diperkenalkan oleh perusahaan besar seperti Hewlett-Packard (HP), yang bekerja sama dengan Infosys telah memperkenalkan solusi core banking, yang disebut Finacle kepada bank-bank di Indonesia. Finacle memberikan solusi bagi bank yang ingin melakukan up-grade terhadap sistem yang telah mereka miliki. Dengan menggunakan Finacle, up-grade sistem bisa dilaksanakan dengan resiko investasi maupun kegagalan migrasi yang rendah. Ini penting bagi bank-bank agar mampu menghadapi siklus bisnis yang selalu berubah. Dengan solusi terpadu ini – berupa software dan hardware, jaringan, sistem integrasi, serta opsi consulting dan outsourcing – bank juga akan memiliki nilai tambah sehingga menjadi lebih kompetitif.

Perkembangan Bisnis Informatika
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.
Perkembangan teknologi informasi Indonesia sangat dipengaruhi oleh kemampuan sumber daya manusia dalam memahami komponen teknologi informasi, seperti perangkat keras dan perangkat lunak komputer; sistem jaringan baik berupa LAN ataupun WAN dan sistem telekomunikasi yang akan digunakan untuk mentransfer data. Kebutuhan akan tenaga yang berbasis teknologi informasi masih terus meningkat; hal ini bisa terlihat dengan banyaknya jenis pekerjaan yang memerlukan kemampuan di bidang teknologi informasi di berbagai bidang; juga jumlah SDM berkemampuan di bidang teknologi informasi masih sedikit, jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia.
Diperlukan suatu kerangka teknologi informasi nasional yang akan mewujudkan masyarakat Indonesia siap menghadapi AFTA 2003 yang dapat menyediakan akses universal terhadap informasi kepada masyarakat luas secara adil dan merata, meningkatkan koordinasi dan pendayagunaan informasi secara optimal, meningkatkan efisiensi dan produktivitas, meningkatkan kualitas dan kuantitas sumberdaya manusia, meningkatkan pemanfaatan infrastruktur teknologi informasi, termasuk penerapan peraturan perundang-undangan yang mendukungnya; mendorong pertumbuhan ekonomi dengan pemanfaatan dan pengembangan teknologi informasi.

Jenis dan Tipe Bisnis di Bidang Teknologi Informatika :
Ø  Produk

  • Hardware / Perangkat Keras adalah bisnis yang melakukan penjualan terhadap hardware / perangkat keras.
  • Software / Perangkat Lunak adalah bisnis yang melakukan pejualan terhadap software / perangkat lunak.
Ø  Jasa

  • Software House ( pembuatan software sesuai permintaan ) adalah Seorang atau sekelompok orang atau perusahaan kecil yang bergerak di bidang jasa pembuatan atau perbaikan perangkat lunak (software). Software house biasanya menerima pembuatan atau perbaikan software, database, website, program accounting lengkap, termasuk inventory management, purchasing/ selling products and services, Account based dan support online system, IntelliGuard-EYE: program security kamera ( cctv / webcam) dengan kemampuan mendeteksi gerakan sehingga dapat memaksimalkan kapasitas hardware yang tersedia jaringan & SEO bisa untuk semua jenis usaha ( Perusahaan, tokoh, kasir, hotel, restaurant, maupun personal).
  • E-commerce ( jual-beli online ) E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama (Robert E. Johnson).
  • Infrastruktur Komputer adalah bisnis Informatika yang menyediakan sebuah layanan informasi dan komputer, seperti Internet Service Provider, Jaringan Komputer, dll.
  • IT consultant menangani konsultasi di bidang IT, meliputi saran bisnis, menyelesaikan masalah teknis maupun memperbaiki struktur dan efisiensi dalam sistem IT.

Sumber :
http://fika4194.blogspot.co.id/2014/10/artikel-pengantar-bisnis-informatika.html
http://dinamiranda.blogspot.com/2010/10/jenis-dan-tipe-bisnis-di-bidang-tik_05.html
http://indahyuanasari.blogspot.co.id/2014/10/artikel-bisnis-informatika.html



                                                                                        
Category: 0 komentar

SUMBER DAYA MANUSIA : "WIRAUSAHA DALAM MELAKUKAN PERENCANAAN DAN PEREKRUTAN TENAGA KERJA"

Nama : Novia Rizky Lahinta
NPM : 55412402
Kelas : 4IA05

Sumber daya manusia atau biasa disingkat dengan SDM adalah potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola   dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan.  
Sedangkan dalam hubungannya dengan kewirausahaan, SDM merupakan individu-individu dalam organisasi kerwirausahaan yang dapat memberikan kontribusi atau sumbangan yang berharga berupa peroduktivitas dari posisi yang mereka pegang untuk mencapai tujuan sistem organisasi kewirausahaan. Tugas penyediaan sumber daya manusia yang semestinya adalah sangat penting bagi wiraswastawan. Produktivitas pada semua organisasi kewiraswastaan ditentukan oleh bagaimana sumber daya manusia berinteraksi dan bergabung untuk menggunakan sumber daya system manajemen. Faktor-faktor seperti latar belakang, umur, pengalaman yang berhubungan dengan jabatan, dan tingkat pendidikan formal kesemuanya mempunyai peranan di dalam menentukan tingkat ketepatan posisi individu-individu pada organisasi kewiraswastaan.

Kewirausahaan atau Wirausaha adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu.  Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.

Ciri-ciri dan Sifat kewirausahaan
Untuk dapat mencapai tujuan yang diharapkan, maka setiap orang memerlukan ciri-ciri dan juga memiliki sifat-sifat dalam kewirausahaan. Ciri-ciri seorang wirausaha adalah:
- Percaya diri
- Berorientasikan tugas dan hasil
- Pengambil risiko
- Kepemimpinan
- Keorisinilan
- Berorientasi ke masa depan
- Jujur dan tekun

Perencanaan sumber daya manusia
Perencanaan sumber daya manusia adalah proses menilai kebutuhan dan ketersediaan sumber daya manusia kemudian menigtegrasikan antara keduanya. Perencanaan dilakuakan untuk menentukan keputusan seperti apa yang akan dilakukan jika ketersediaan sumber daya manusia naik dan apabila turun serta bagaimana integrasinya untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.
Perencanaan yang matang pada perusahaan adalah cara untuk menetapkan dan mencapai tujuan dari perusahaan tersebut. Faktor yang perlu diperhatikan dalam membuat perencanaan bisnis adalah tujuan usaha, komitmen dan batasan waktu. Setiap wirausaha wajib memiliki tujuan usaha agar jelas output yang dihasilkan dari wirausaha yang dibuat. Sementara tujuan tidak akan tercapai jika tidak memiliki komitmen dalam menjalankan bisnis. Perlu pula diperhatikan batasan waktu untuk memotivasi perusahaan agar segera mencapai tujuan yang hendak dicapai. Setelah perencanaan, poin berikutnya adalah perekrutan tenaga kerja. Perekrutan tenaga kerja yang tepat dapat membantu mempercepat kemajuan dari suatu perusahaan. Ada beberapa yang perlu diperhatikan dalam perekrutan tenaga kerja, yaitu sesuai dengan minat dari calon karyawan agar dapat bekerja secara optimal, kemampuan yang memadai, attitude yang baik, lolos dalam persyaratan tertentu yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Perencanaan adalah cara untuk penetapan tujuan serta bagaimana cara untuk mencapai tujuan.
* Rencana operasional kegiatan yang ditetapkan untuk waktu jangka pendek : operasional → harian* Rencana strategi yang ditetapkan untuk waktu jangka panjang : strategi → pengembangan usaha.
Perencanaan bisnis adalah dokumen tertulis yang menerangkan tentang bisnis yang akan dijalankan, dan bagaimana rencana pemasaran, produksi, SDM, keuangan serta analisis resiko dan hasil.

Faktor – faktor yang perlu diperhatikan dalam membuat perencanaan bisnis :
1. Tujuan usaha.
2. Komitmen dalam menjalankan usaha.
3. Batasan waktu.

Manfaat dari perencanaan bisnis :
1.      Dapat mendekati asumsi kebenaran
2.      Membandingkan hasil dengan rencana.
3.      Alat komunikasi untuk meyakinkan pihak lain.
4.      Wirausaha dapat berfikir kritis dan objektif.

Tahapan perencanaan usaha :
1. Ide atau gagasan
2. Konsep (perencanaan bisnis)
3. Pengembangan produk
4. Uji pemasaran
5. Komersialisasi (penjualan).

Perekrutan Tenaga Kerja
Perekrutan dalah upaya perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja yang diperlukan sesuai dengan kualifikasi yang telah ditetapkan dalam perencanaan tenaga kerja. Rekrutmen sendiri terbagi atas dua bagian, yaitu :   
 1. Rekrutmen Internal, proses untuk mendapatkan tenaga kerja atau SDM yang dibutuhkan dengan mempertimbangkan tenaga kerja yang sudah ada atau yang sudahdimiliki oleh perusahaan 
 2. Rekrutmen Eksternal, perusahaan mendapatkan tenaga kerja atau SDM yang akanditempatkan pada suatu jabatan tertentu dengan memperolehnya dari luarperusahaan, atau seringkali dinamakan sebagai outsourcing       Pada penyeleksian tenaga kerja, ada tiga tahapan yang perlu diperhatikan setiap perusahaan ataupun wirausaha yang ingin memperkerjakan tenaga baru sehingga kriteria yang diinginkan terpenuhi. Tiga tahapan tersebut adalah :

·         seleksi administrasi, dimana pada tahap ini perusahaan akan menyeleksi dari CV, apakah pelamar memenuhi syarat dari segi pendidikan, jurusan, jenjang, jenis kelamin, dan batas usia yang dicari oleh perusahaan atau wirausaha.

·         seleksi kualifikasi, merupakan penyeleksian yang biasanya dilakukan dengan cara mengadakan tes pengetahuan umum ataupun psikologi pada pelamar.

·         seleksi sikap dan perilaku, merupakan penyeleksian yang terakhir dimana pada tahap ini hanya interview atau wawancara kepada pelamar yang sudah lulus untuk tahap 1 dan 2. Biasanya seleksi ini dilakukan langsung oleh bagian HRD perusahaan tersebut. Melalui seleksi ini, HRD dapat menilai langsung sikap dan perilaku calon pegawai dari setiap jawaban yang mereka berikan.

Tujuan Rekrutmen, antara lain:
1.      Untuk memikat sekumpulan besar pelamar kerja sehingga organisasi akan mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk melakukan pemilihan terhadap calon-calon pekerja yang dianggap memenuhi standar kualifikasi organisasi.
2.      Tujuan pasca pengangkatan (post-hiring goals) adalah penghasilan karyawan-karyawan yang merupakan pelaksana-pelaksana yang baik dan akan tetap bersama dengan perusahaan sampai jangka waktu yang masuk akal.
 3.     Upaya-upaya perekrutan hendaknya mempunyai efek luberan (spillover effects) yakni citra umum organisasi haruslah menanjak, dan bahkan pelamar-pelamar yang gagal haruslah mempunyai kesan-kesan positif terhadap perusahaan.

Category: 0 komentar

GAME BUTTERFLY


Nama           : Novia Rizky Lahinta
NPM            : 55412402
Kelas            : 3IA05
Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Game


 INITIAL STATE

Permainan Butterfly merupakan suatu permainan logika dimana user (pemain) melawan komputer untuk memenangkan permainan ini. Game ini menggunakan menggunakan dua konsep permainan. Konsep pertama, jika pemain terakhir memilih maka pemain akan dinyatakan kalah dalam permainan ini, konsep berikutnya pemain dinyatakan menang jika pemain yang terakhir memilih. Game ini melatih dan mengasah otak user untuk berpikir mengenai strategi yang digunakan agar dapat mengalahkan komputer.

Game butterfly  memiliki 3 tampilan,  yaitu tampilan Loading, tampilan menu utama dan tampilan game play itu sendiri.
Berikut ini adalah tampilan loading pada Game Butterfly ini :

Gambar 1. Tampilan Loading

Gambar 2. Tampilan menu utama

·         Pada tampilan menu utama terdiri dari 3 button menu :
1.         Menu START              :  Berfungsi untuk masuk ke tampilan game play dimana kita dapat memulai permainan tersebut.
2.       Menu ABOUT           :  Berfungsi untuk menampilkan  pesan yang dibuat oleh pembuat game.
3.         Menu EXIT                     :  Untuk keluar dari permainan Butterfly.

Gambar 3.  Tampilan Game

Gambar 4. Tampilan menu About

·         Pada permainan Butterfly ini  terdapat pula beberapa menu pada tampilan game, yaitu :

1.   New Game         :     Menu New Game ini berfungsi untuk memulai permainan baru.
2.  Music              :     Menu Music dibuat agar user bisa medengarkan music saat bermai dan agar user tidak merasa bosan saat bermain.
3. Options        :     Menu Options ini berfungsi untuk memilih mode permainan yang diinginkan. Pada menu ini tersedia 2 pilihan, yaitu “computer is the first”, jadi computer yang memulai permainan terlebih dahulu. Dan selanjutnya mode “Take the last”, pada mode ini yang terakhir memilih dinyatakan sebagai pemenang.
4.   Help                    :     Menu help berfungsi untuk melihat bagaimana cara bermain game ini.
5.   Back                   :     Menu back digunakan untuk kembali pada tampilan menu utama.
6.   Exit                     :     digunakan untuk mengakhiri dan keluar dari permainan.  

Gambar 5. Menu Music

Gambar 6. Tampilan Menu Options

Gambar 7. Tampilan Menu Help

RULES

Rules atau aturan main yang digunakan pada permainan Butterfly ini adalah sebagai berikut:
  • Pilihan bagian option, disitu kita akan memilih siapa yang akan maju terlebih dahulu, player atau AI.
  • User ingin mendengarkan musik saat bermain, maka user dapat mengklik bisa mengaktifkannya dengan cara mengklik menu music dan memilih ON.
  • Setelah itu, user diberikan kebebasan untuk memulai game dengan cara memilih dan meng-klik kupu - kupu yang tersedia, dan selanjutnya akan bergantian oleh AI (lawan).
  • Pemain dapat mengambil objek kupu-kupu sebanyak mungkin dengan syarat ikan tersebut Jika masih dalam satu kolom dengan susunan objek kupu-kupu yang dipilih.
  • AI akan melakukan pembelajaran untuk menghalangi user untuk tidakmencapai Goal (tujuan).
  • Pemain yang terakhir memilih dinyatakan kalah dalam permainan ini.

GOALS

Goal untuk menyelesaikan game Butterfly pada strawberry prolog ini adalah pemain harus terlebih dahulu mengambil objek. Pemain akan kalah apabila pemain mengambil objek yang paling akhir. Namun user juga bisa mengubah mode permainan menjadi mode “take the last”. Pada mode “take the last” pemain akan kalah apabila lawan yang terakhir mengambil objek tersebut. Berikut ini adalah gambaran untuk goal dari permainan Butterfly:

Gambar 9. Tampilan pada saat user memenangkan permainan

Gambar 9. Tampilan pada saat user kalah dalam permainan
Category: 0 komentar

TUTORIAL MEMBUAT BENDERA BERKIBAR MENGGUNAKAN SOFTWARE BLENDER

·         Langkah pertama buka software blender yang ada pada desktop dengan cara mengklik
dua kali icon blender yagn ada di desktop.



·        Lalu setelah blender dibuka akan muncul tampilan awal seperti dibawah ini, setelah muncul tampilan berikut klik kiri pada mouse maka kita sudah langsung bisa membuat sebuah objek yang ingin kita buat.




·         Kemudian dibawah ini adalah tampilan awal sebelum kita membuat sebuah objek yang ingin dibuat. Pada gambar dibawah terdapat satu buah lampu, satu buah camera dan satu buah cube. Pada pembuatan meja dan kursi ini saya hanya menggunakkan cube atau balok saja.  Cara memasukkan cube yaitu dengan cara klik Add  => pilih mesh => lalu klik cube.


·        Cube ini akan digunakan sebagai kaki dari tiang bendera. Untuk mengubah ukuran dari cube kita bisa menggunakan mode scale manipulator dengan cara memilih pada menu yang ada di bagian bawah.


·     Selanjutnya pada edit mode tekan ctrl +R atau pilih loop cut and slide yang ada di sebelah kiri layar kemudian scroll hingga menjadi dua.




·         Lalu klik kiri dan tempatkan garis tersebut ke bagian samping dengan menekan S => X kemudian geser ke tempat yang diinginkan.





·      Selanjutnya lakukan cara yang sama pada dua bagian lainnya. Setelah itu pada mode face select pilih  sisi persegi lalu tekan E dan Tarik sisi ke atas seperti apda gambar dibawah.


                                                                                                                                       
·         Selanjutnya lakukan cara yang sama unutuk membentuk seperti ini



·         Kemudian untuk membuat tiang benderanya kita bisa menggunakkan cylinder dengan cara Add => Mesh => cylinder


·         Selanjutnya membuat tiang dengan membentuk cylinder menjadi memanjang . untuk megengubah bentuknya kita bisa menggunakkan  mode face select => kemudian klik kanan pada sisi ujung cylinder => kemudian Tarik keatas hingga memanjang. Atau kita juga bisa menekan S => Z .


·         Jika tiang telah selesai dibentuk letakan pada kaki tiang yang telah kita buat sebelumnya.


  •     Kemudian buat benderanya dengan menggunakkan plane. Untuk menambahkan plane pilih Add => Mesh => Plane.



  • Kemudian untuk membentuk plane menjadi persegi panjang klik kanan pada plane => tekan S => tekan X => lalu Tarik sesuai ukuran yang diinginkan. 

  •         Kemudian masuk ke edit mode, lalu buat pola vertex (loop cut and slide atau tekan ctrl+R => scroll hingga menjadi banyak).


·         Selanjutnya seleksi setengah bagian pada bendera dengan cara tekan B lalu pilih setengah sisi yang akan di seleksi.



·         Kemudian pada menu material yang ada di bagian kanan layar pilih Add material => New => lalu pilih warna putih. Kemudian new lagi lalu pilih warna merah kemudian pilih assign.


·     Kemudian agar bendera tidak tertiup jauh saat dipasang efek angin, maka dua sudut yang ada disebelah kiri bendera haris diikat. Caranya  tekan tombo shift+klik kanan pada sudut-sudut yang akan diikat  kemudian pilih menu objek data lalu ke vertex group lalu pilih new dan beri nama kemudian klik assign.



·         Selanjutnya gabungkan bendera dengan tiang yang telah dibuat. Kemudian tambahkan efek angin untuk membuat bendera berkibar dengan cara  pilih Add => force field => pilih wild.



·         Setelah itu arahkan efek angin ke bendera.


·      Selanjutnya pergi ke menu physic dan atur pengaturan force fields seperti dibawah ini 




·         Langkah terakhir play animation atau tekan Alt+A.


·      Hasil Akhir saat dijalankan.










Category: 3 komentar