Parallel Computing

Nama            : Novia Rizky Lahinta
NPM             : 55412402
Kelas             : 4IA05
Mata Kuliah  : Pengantar Komputasi Modern


Kali ini saya akan menjelaskan secara singkat mengenai Parallel Computing atau Komputasi Paralel. Parallel disini bisa diartikan bersamaan. Jadi komputasi paralel atau Parallel computing yaitu melakukan komputasi dengan menggunakan beberapa komputer dan melakukakan tugas secara bersamaan.

Untuk melakukan aneka jenis komputasi paralel ini diperlukan infrastruktur mesin paralel yang terdiri dari banyak komputer yang dihubungkan dengan jaringan dan mampu bekerja secara paralel untuk menyelesaikan satu masalah. Untuk itu diperlukan aneka perangkat lunak pendukung yang biasa disebut sebagai middleware yang berperan untuk mengatur distribusi pekerjaan antar node dalam satu mesin paralel. Selanjutnya pemakai harus membuat pemrograman paralel untuk merealisasikan komputasi.

Komputasi paralel memiliki beberapa keuntungan yaitu waktu eksekusi lebih cepat dan efisien, throughput jadi lebih tinggi (throughput adalah banyaknya keluaran yang dihasilkan per unit waktu), dan dapat memecahkan masalah yang lebih besar. Sedangkan kekurangannya yaitu membutuhkan daya yang besar untuk perangkat yang dibutuhkan.

Referensi :

http://nazaruddin.blog.unigha.ac.id/2013/08/24/pengertian-komputasi-paralel/
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar