Cloud Computing - Virtualisasi

Nama : Novia Rizky Lahinta
NPM   : 55412402
Kelas   : 4IA05


Kali ini saya akan membahas mengenai Cloud Computing - Virtualisasi. Cloud computing bisa dianggap sebagai perluasan dari virtualisasi. Sebelum membahas virtualisasi  saya akan menjelaskan apa itu cloud computing.

Cloud Computing adalah istilah dalam ilmu komputer yang memanfaatkan teknologi internet, biasanya dalam bentuk layanan yang bisa di akses melalui internet.
Contohnya :  Layanan Google Apps yang menyediakan aplikasi bisnis atau hiburan dan dapat diakses melalui web browser client. Jadi Cloud computing bisa kita artikan sebagai teknologi informasi layanan yang dapat digunakan atau diakses melalui Internet untuk memberikan kebutuhan informasi penggunanya.

            Sedangkan virtualisasi bisa diartikan dengan mengubah sesuatu dari bentuk nyata atau fisik ke dalam bentuk simulasi. Dengan adanya virtualisasi, beberapa sistem operasi dapat berjalan secara bersamaan pada satu buah komputer. Jadi Inti dari virtualisasi adalah membuat sebuah simulasi dari perangkat keras, sistem operasi, jaringan maupun yang lainnya.

Salah satu manfaat utama virtualisasi adalah bahwa fitur ini dapat memangkas biaya TI perusahaan. Misalnya, perusahaan yang memiliki beberapa server dapat menggunakan virtualisasi server untuk mengurangi jumlah server fisik, sehingga akan mengurangi biaya pemeliharaan dan keamanan. Fitur ini juga memungkinkan kita mengoptimalkan investasi perangkat keras yang ada. Daripada membeli PC, laptop, maupun server baru, kita dapat meningkatkan pemanfaatan perangkat keras yang telah dimiliki. kita juga dapat dengan mudah mengatur sistem redundan untuk pemulihan gangguan, tanpa harus menambah perangkat keras lainnya.

Virtualisasi juga dapat membantu meminimalkan biaya operasional (misalnya, tagihan listrik). "Karena telah menjalankan komputer fisik, penambahan virtualisasi dapat memberikan kemampuan komputasi lebih besar, tanpa menambah biaya peralatan atau memerlukan lebih banyak ruang fisik untuk menyimpan server.


Referensi :

Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar